Pages

Ragam Kesadaran


Masyarakat, yang merupakan senyawa sejati antar individu, selalu berkembang dan membangun peradabannya dari suatu basis kesadaran atau pandangan dunia tertentu. Apapun bentuknya.  Kesadaran yang berasal dari pengetahuan, motivasi, dan kehendak itu kemudian melahirkan tindakan, budaya dan tradisi tertentu. Semuanya mempunyai ciri khas dan keunikan, selaras lingkungan geografisnya masing-masing.

Manusia kontemporer mengenal banyak ragam peradaban. Ada peradaban barat yang rasional dan menghargai manusia berdasarkan hasil kerjanya. Ada peradaban timur yang sarat  dengan mistisisme dan menghargai serta memuliakan manusia yang mampu menahan diri dari perilaku menyakiti orang lain dan alam sekitar. Ada peradaban negara-negara utara (Eropa-Amerika) yang makmur. Ada juga peradaban negara-negara selatan (Asia-Afrika) yang miskin.

Ragam kesadaran itu, sebenarnya bermula dari dua paham besar saja ; kesadaran materialis dan kesadaran non materialis.

Kaum kapitalis mempunyai kesadaran bahwa setiap individu haruslah mampu bertahan dan bersaing dengan individu lain.  Mereka mempunyai keadaran bahwa hanya yang terbaik dan terkuatlah yang akan keluar sebagai pemenang dan berkuasa (survival of the fittest).


komunisme yang berbasiskan kesadaran bahwa sususan masyarakat  bersifat dialektik sehingga akan selalu membentuk kelas social dimana mereka yang berada pada kela bawah (semisal kaum buruh dan petani) akan menjadi kaum tertindas di bawah baying baying kapitalis borjuis, feminisme  (dari yang ekstrem sampai yang agamis) yang menyuarakan kesetaran laki-laki dan perempuan . hedonisme yang menyuarakan kesadaran bahwa hidupa hanyalah sekali dan harus dinikmati. Sampai pada kaum pemeluk agama yang menyuarakan kesadaran  akan pentingnya bagi kita memikirkan kehidupan yang akan ada setelah semua manusia dan jagad raya mati.


Semua bentuk kesadaran itu kemudian mempengaruhi peradaban manusia. Mempunyai pengikut masing-masing yang setia dan siap mati untuk pahamnya. Saling pengaruh mempengaruhi antar paham dan isme tak dapat dihindari. Paham yang mempunyai paling banyak pengikut dan mempuanyai strategi dan siasat perjuangan yang bagus seperti eksistensi media dan propaganda tentu punya kans untuk menang lebih besar. Kaum kapitalis menyiasati perjuangan mereka dengan fleksibilitasnya yang luar biasa. Kaum komunis yang terus berusaha menciptakan suasana revolusioner dan perlawanan. Dan kaum agama yang begitu gigih menyuarakan adanya hidup setelah mati dan harus patuhnya manusia pada hukm dan syariat buatan Tuhan.

kuyen kuyasakti

Rakyat jelata yang haya ingin berbagi informasi.

No comments:

Post a Comment