Pages

KAPITALISME, SOSIALISME DAN KEMISKINAN (Perspektif Materialisme Karl Mark dan Idealisme Max Weber)


Keruntuhan Kapitalisme seperti yang terjadi saat ini sudah diramalkan sejak lama oleh Mark, kapitalisme yang mengedepankan penumpukan modal dan penindasan buruh adalah sistem yang dipandang merugikan kaum buruh oleh para sosialis. Persaingan bebas, liberalisasi dan sekulerisme adalah ciri khas dari sistem kapitalis yang dianggap “tanpa nurani”. Namun dua tokoh besar sosiologi memiliki pandangan yang berbeda tentang Kapitalisme, dari faham Materialisme Mark, kapitalisme dianggap sebagai pemiskinan buruh, disisi lain faham Idealisme Weber mamandang kemikinan sebagai budaya malas dan kuno dari kaum buruh.

Perspektif materialistis bertumpu pada pemikiran Marx yang menyatakan bahwa kekuatan produksi berperan penting dalam membentuk kapitalisme. Marx memberikan penjelasan bahwa pada masa teknologi masih terbatas pada kincir angin memberikan bentuk tatanan masyarakat yang feodal, sedangkan ketika mesin uap telah ditemukan tatanan masyarakat menjadi bercirikan industrial kapitalis. Perspektif ini melihat bahwa bentuk pembagian kelas-kelas ekonomi merupakan dasar anatomi suatu masyarakat.

Kaum buruh merupakan kaum proletar yang kesemuanya telah menjadi “korban” eksploitasi kaum borjuis. Marx meramalkan akan terjadi suatu keadaan dimana terjadi kesadaran kelas di kalangan kaum proletar. Kesadaran kelas ini membawa dampak pada adanya kemauan untuk melakukan perjuangan kelas untuk melepaskan diri dari eksploitasi, perjuangan ini dilakukan melalui revolusi

Kemiskinan yang terjadi akibat kapitalisme bukanlah kemiskinan alamiah, tetapi karena diciptakan oleh kapitalisme itu sendiri, pengangguran dan kemiskinan merupakan nilai surplus bagi kapitalis, dan wajib ada untuk memenuhi keperluan penyediaan buruh murah, sehingga keuntungan tetap berada di tangan kapitalis atau kaum borjuis.

Berbeda dengan kubu materialis yang lebih menekankan pada budaya materialis seperti kepemilikan alat-alat produksi, Perkembangan industrial kapitalis tidak dapat dipahami hanya dengan membahas faktor penyebab yang bersifat material dan teknik. Namun demikian Weber juga tidak menyangkal pengaruh kedua faktor tersebut. Pemikiran Weber yang dapat berpengaruh pada teori perubahan sosial adalah dari bentuk rasionalisme yang dimiliki. Dalam kehidupan masyarakat barat model rasionalisme akan mewarnai semua aspek kehidupan.

Etos kerja dan kedisiplinan yang tinggi akan menentukan keberhasilan seseorang, bukan semata-mata atas kepemilikan akan alat-alat produksi. Perpindahan kelas dapat dilakukan dengan reformasi budaya malas dan tidak rasional adalah wajib. Ketidaksamaan kesempatan adalah wajar dalam persaingan di pasar ekonomi, maka kekalahan di pasar ekonomi adalah akibat dari ketidak mampuan seseorang untuk bersaing, bukan sistem persaingan itu yang salah.

A. KARL MARX
Masa-masa awal
Karl Marx termasuk dalam jajaran sosiolog Jerman pada abad 19 dan meninggal sebelum abad itu berakhir, namun tulisan-tulisannya sangat banyak mempengaruhi abad kedua puluh, dan tentunya di lingkungan politik dan bahkan mungkin di dunia cendikiawan

Pemikiran G.W.F Hegel (1770-1931) meruakan pemikiran dominan yang mempengaruhi Karl Marx, terutama pada masa awal karyanya (Ritzer, 2007:26). Konsep Hegel tentang dialektika dan idealisme. Namun Hegel bukanlah satu-satunya tokoh yang mempengaruhi pemikiran-pemikiran Marx, adalah Feurbach yang mempengaruhi pemikiran Marx pada masa-masa akhir menjelang ia memperoleh gelar doktor, karya Feurbach yang berjudul The Essence of Christianity (1841) telah memberikan dampak yang kuat kepada Marx sebagai Hegelian muda. (Giddens, 1986:03).

Pemikiran Feurbach tentang keterasingan manusia selama manusia menganggap tuhan itu ada. Feurbach berargumen bahwa yang bersifat Tuhan adalah produk impian dari yang nyata; keberadaan; eksistensi mendahului pikiran, dalam arti bahwa orang tidak merenung tentang dunia, sebelum ia bergerak di dalam dunia itu. Tuhan merupakan ciptaan impian manusia. (Giddens, 1986:04). Pemikiran Feurbach tentang “keterasingan’ lebih menekankan pada ‘materialisme” yang menempatkan manusia (bukan agama) menjadi obyek tertinggi, menentang keyakinan bahwa Tuhan maha sempurna dan manusia tidak sempurna dan tanpa kuasa.

Keterasingan dan Kapitalisme
Beranjak dari pengaruh pemikiran Feurbach tentang keterasingan manusia1, Marx membuat kritik terhadap ahli ekonomi dan politik. Marx beranggapan bahwa para ahli ekonomi menempatkan buruh sebagai ‘ongkosongkos’ bagi si pemilik modal sehingga artinya dianggap sama saja dengan pengeluaran-pengeluaran penting lainnya. Dan bahwa kapitalisme didirikan di atas suatu pembagian kelas antara prolektariat atau kelas buruh di satu pihak dan borjuis, kelas kapitalis di pihak lain.

Analisis keterasingan di dalam produksi kapitalis bertolak dari suatu fakta ekonomi kontemporer, bahwa semakin maju kapitalisme, akan semakin miskin pula si buruh. Keterasingan si buruh dalam ekonomi kapitalis didasarkan atas disparitas ini yaitu antara kemampuan produksi dari buruh, yang menjadi makin besar akibat meluasnya kapitalisme dengan tidak adanya pengendalian oleh si buruh terhadap obyek-obyek yang diproduksinya. Buruh terpisah dengan hasil produksinya, sehingga produk si buruh adalah sesuatu yang asing baginya, karena buruh tidak menikmati hasil produksinya. Dimensi – dimensi utama dari pembaruan Marx mengenai keterasingan adalah sebagai berikut ;

  1. Si buruh tidak mempunyai kekuasaan untuk memasarkan produk-produknya. Buruh tidak menarik keuntungan dari produk yang dihasilkannya, karena orang lain dan mekanisme pasar yang menikmatinya.
  2. Si buruh terasing dalam pekerjaanya sendiri 
  3. Dalam kapitalisme hubungan antar manusia cenderung disederhanakan dalam kegiatan-kegiatan pasar
Dalam sistem kapitalis barang-barang diproduksi bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan para pemproduksi saja, tetapi untuk dipertukarkan dalam pasar pertukaran (exchange value). Sehingga setiap produk memiliki nilai ganda; yaitu nilai pakai (use value) dan nilai tukar (exchange value). Setiap produk harus memiliki nilai pakai sehingga mampu memiliki nilai tukar di pasar. Dengan sistem produksi modern, pekerja dimungkinkan untuk bekerja lembur/tambahan untuk memproduksi lebih dari kebutuhan mereka dan rata-rata hari kerja. Kelebihan hasil produksi tersebut di sebut sebagai nilai surplus. Kelebihan atau surplus tersebut menjadikan tambahan penumpukan modal oleh pemilik modal, dan oleh Mark disebut sebagai ‘tingkat pemerasan”.

Dalam proses produksi modal yang dikeluarkan berupa modal konstan (constant capital) berupa mesin dan bahan baku dan modal variabel (variable capital) berupa tenaga kerja. Untuk menekan biaya produksi, modal yang paling bisa ditekan adalah modal variabel, karena nilainya bisa berubah-ubah. Max mengkritik hal ini karena nilai kemanusiaan disederhanakan dengan nilai-nilai yang sama dengan barang dan alat produksi lainnya. Bahkan buruh menjadi komoditi yang lebih murah dengan semakin banyaknya barang yang ia produksi.

Kapitalisme dan Kemiskinan Buruh
Dalam Kapitalisme, terdapat dua kelas yang selalu bertentangan dimana kelas borjuis atau pemilik modal dan kelas pekerja (prolektar). Menurut pandangan Mark, pengejaran keuntungan merupakan hal yang hakiki dalam kapitalisme. Dengan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan untung yang sebesarbesarnya.

Untuk mengejar nilai surplus yang dapat meningkatkan modal, perpanjangan hari kerja dan eksploitasi buruh merupakan salah satu cara yang digunakan kapitalis. Untuk menekan biaya produksi, penurunan upah sampai dibawah nilainya pun dipaksakan oleh pengusaha.

Upah buruh disesuaikan dengan nilai pakai, namun tidak sebanding dengan nilai tukar yang ada di pasar untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya, hal tersebutmembuat buruh tetap hidup dalam kemiskinan. Salah satu penyebab rendahnya upah buruh adalah suatu mekanisme penyediaan ‘angkatan cadangan’ dalam industri, yaitu kelompok penganggur yang kronis. Penyediaan angkatan cadangan merupakan suatu keharusan dalam kapitalisme. Ketika permintaan akan hasil produksi meningkat maka angkatan cadangan akan menyediakan tenaga buruh murah, sehingga peningkatan permintaan tidak akan meningkatkan nilai buruh.

Kondisi di atas disebut oleh Mark sebagai ‘pemfakiran (pauperisation) atau ‘pemelaratan’ (emiseration). Disparitas relatif yang terus membesar antara kelas pekerja dan kelas kapitalis ketika kelas kapitalis terus menimbun kekayaan, upah kaum buruh tidak pernah dapat naik untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, dan dipaksa untuk hidup dalam kemiskinan, sehingga keberadaan mereka akan menjadi ‘penduduk surplus relatif’ bagi kapitalis.

Kemiskinan kelas pekerja / proletar diartikan sebagai kondisi kemiskinan yang bukan kemiskinan alamiah yang diakibatkan oleh kekurangan sumber daya, akan tetapi merupakan hasil buatan organisasi kontemporer dari produksi industri.

Dari kapitalis ke Sosialisme
Kemiskinan yang dialami oleh kaum proletariat telah menyadarkan mereka akan ketidak beruntungan mereka dari sistem kapitalis. Melihat kondisi kaum buruh pada sistem kapitalisme, Mark menginginkan sistem baru dalam sistem masyarakat, yaitu sosialisme, dimana tidak ada kepemilikan pribadi dari kaum borjuis, yang ada adalah kepemilikan bersama atau komunal5. Sosialisme yang ditandai oleh revolusi kaum buruh akan penghapusan hak milik pribadi atas sarana-sarana produksi, sehingga tidak ada lagi penghisapan oleh satu kelas terhadap kelas lainnya, dalam hal ini penghisapan kaum kapitalis terhadap kaum proletariat.

Dalam sosialisme, sistem ekonomi yang digunakan bersifat subsisten, yaitu produksi hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup anggota masyarakat saja dan tidak untuk ditumpuk sebagai modal seperti pada sistem kapitalis. Untuk mewujudkan ini, menurut Mark kelas pekerja harus bersatu dan melakukan revolusi, seperti halnya kaum borjuis / kapitalis melakukan revolusi terhadap kaum feodal. Karena revolusi sendiri terdiri dari dua tahap, pertama ketika revolusi kaum borjuis terhadap kaum feodal, revolusi kedua adalah revolusi kaum pekerja terhadap kaum borjuis/kapitalis.

B. MAX WEBER
Max Weber lahir di Erfurt, Jerman 21 April 186, dan meninggal pada tanggal 14 Juni 1920 di Munchen Jerman. Max Weber dikenal sebagai seorang sosiolog besar yang ahli kebudayaan, politik, hukum, dan ekonomi dengan karya besarnya The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism. Dalam buku tersebut dikemukakan tesisnya yang sangat terkenal, yaitu mengenai kaitan antara Etika Protestan dengan munculnya Kapitalisme di Eropa Barat.

Dalam karyanya tersebut, Weber menengemukakan fakta statistik tentang pemimpin-pemimpin niaga dan para pemilik modal, buruh dan karyawan yang berhasil kebanyakan memeluk agama Protestan. Protetanisme menganut suatu sikap yang sangat ketat terhadap hidup santai dan bersenang-senang, dengan tidak mengendurkan pengawasan gereja terhadap kegiatan sehari-hari, gereja menuntut dari para penganut agama protestan memiliki disiplin yang lebih tinggi dari penganut agama Khatolik.

Weber dan Calvinisme
The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism merupakan hasil riset ilmiah Weber tentang etos yang dimiliki oleh sekte Calvinisme, salah satu penganut sekte Protestan, kala itu terdapat empat aliran utama dari agama Protestan ascetic, yaitu Calvinisme, Metodisme, Pietisme, dan sekte Babtis. Weber lebih menekankan pada ajaran Calvinisme terutama tentang doktrin-doktrin terhadap pengikutnya yang dianggap meningkatkan produktivitas dan kedisiplinan yang tinggi.

Calvinisme menuntut dari pemeluknya suatu kehidupan berdisiplin yang masuk akal dan berkesinambungan, dengan demikian menghapuskan kemungkinan menyesal dan bertobat untuk dosa-dosa. Mengikut Calvinisme mempercayai akan Spirit keterpanggilan, yaitu setiap orang dapat menjadi orang pilihan Tuhan apabila ia berhasil dalam kehidupannya, dan untuk dapat berhasil mereka harus rajin bekerja dan sukses dalam hidupnya. The Protestant Ethic memperlihatkan bahwa ada suatu hubungan berdasarkan ‘pemilihan’ (Wahlverwandschaft) Calvinisme dengan etika ekonomi kapitalis modern, yaitu rasionalisasi kehidupan ekonomi. Kapitalisme modern memiliki ciri khas yaitu perilaku hidup rasional.

Rasionalitas, masyarakat modern dan Kapitalisme
Dalam melakukan risetnya untuk mendapatkan ciri masyarakat modern, atau lebih rinci dalam ciri dan sifat liberalisme modern, Weber melihat pembagian kekuasaan pada masyarkat, menurut tingkat efisiensinya. Menurut Weber kekuasaan (macht) sebagai kemungkinan bahwa pelaku akan mampu untuk mewujudkan gagasan-gagasannya sekalipun ditentang oleh orang lain. Konsepsi dominasi (Herrschaft) merupakan konsepsi yang mengacu pada kasus-kasus pemaksaan kekuasaan, dimana seorang pelaku menuruti suatu perintah spesifik yang dikeluarkan oleh orang lain.

Weber membagi tiga jenis otoritas atau kekuasaan, antara lain :
  1. Otoritas Tradisional : Otoritas tradisional berlandaskan atas kepercayaan pada kesucian aturanaturan yang telah berabad-abad lamanya. Yang paling menonjol dari otoritas tradisional adalah munculnya Patrimonalisme yaitu bentuk dominasi yang mempunyai ciri khas dalam pemerintahan tradisional yang sewenangwenang.
  2. Otoritas Kharismatik : Suatu sifat tertentu dari suatu kepribadian seorang individu berdasarkan orang tersebut dianggap luar biasa dan diperlakukan sebagai seseorang yang memiliki kelebihan dan kekuatan-kekuatan khas yang luar biasa.
  3. Otoritas Rasional-legal : Dalam konteks otoritas ini, seseorang dapat memegang otoritas karena melakukan tugasnya dengan kebijakan dan norma-norma yang tidak terpengaruh oleh kepentingan pribadi dan tradisi, tetapi lebih mengedepankan rasionalitas-nilai, atau disebut dengan birokrasi.  Ciri khas dari otoritas ini adalah; a) Karir pejabat ditentukan oleh keberhasilan kerja dan penyelesaian tugas-tugas yang dilaksanakan, b) Pejabat memperoleh kedudukan melalui penunjukan oleh atasannya berdasarkan prestasi, c) Kedudukan dibatasi oleh waktu tertentu, d) Upah berbentuk gaji diberikan secara teratur, e) Karier ditentukan oleh prestasi yang dibuat atau karena urutan senioritas atau kombinasi dari kedua-duanya.
Menurut Weber, dalam masyarkat modern hanya sisten otoritas rasional-legal yang sesuai untuk dilaksanakan. Dan hal tersebut menjadi ciri khas dari sebuah masyarkat modern dan terlebih lagi dalam sistem kapitalis modern. Hanya pada kapitalisme modernlah bisa ditemukan organisasi – organisasi yang mendekati bentuk ideal dari rasional-legal. Dalam birokrasi rasional-legal, pembagian kerja dan sistem penggajian yang jelas memungkinkan sebuah organisasi bisa berkembang. Pada perkembangannya, birokratisasi negara mendahului birokratisasi dalam bidang ekonomi.

Pada sistem kapitalisme modern, reformasi dalam bidang organisasi menjadi bentuk birokrasi yang rasional-legal merupakan suatu keharusan, karena kelangsungan hidup negara kapitalis modern selengkapnya tergantung pada organisasi birokrasi. Selanjutnya menurut Weber, kapitalisme modern tidaklah seperti yang diungkapkan oleh Mark bahwa kapitalisme mengedepankan penumpukan modal dan penindasan buruh. Weber lebih menekankan bahwa kapitalisme modern tidak melakukan penggejaran keuntungan yang tidak bermoral, akan tetapi kewajiban bekerja dengan disiplin sebagai suatu tugas. Kapitalisme modern ditandai dengan suatu kombinasi unik dari ketaatan kepada usaha memperoleh kekayaan dengan melakukan kegiatan ekonomi yang halal, sehingga berusaha menghindari pemanfaatan penghasilan untuk kenikmatan pribadi semata.

Kapitalisme modern yang dilandasi oleh semangat protestan, meninggalkan cara-cara penumpukan modal dan penindasan kaum buruh, karena penumpukan modal untuk kekayaan akan menyebabkan orang untuk bermalas-malasan. Weber menganjurkan reformasi pada cara-cara kuno dan merubah dengan caracara untuk memperoleh keberhasilan dan kemuliaan. Weber lebih bersifat Liberal dengan menolak dominasi-dominasi tradisional yang dianggap kuno yang akan menghambat manusia mencapai kehidupan yang modern.

Sekulierisme dan persaingan bebas merupakan ciri dari kapitalisme yang dibahas oleh Weber, dimana tidak ada dominasi negara, yang ada adalah ekonomi pasar yang membuka kesempatan untuk bersaing secara sehat untuk memperoleh keberhasilan. Etos kerja dan efisiensi merupakan kunci keberhasilan dalam pandangan Weber.

Dalam sistem ekonomi, Weber seperti halnya Mark membedakan masyarakat dalam kelas – kelas sosial, namun berbeda dengan Mark dalam memandang konflik antara kelas-kelas tersebut. Weber lebih menekankan pada cara-cara damai untuk memperoleh penguasaan atas keperluan-keperluan yang diingini. Persaingan akan keuletan kerja merupakan cara untuk memperoleh kekayaan dan keberhasilan.

Kelas sosial menurut Weber dibedakan antara mereka yang mempunyai barang, kelas rentenir dan kelas wiraswastawan, yang secara berurutan disebut sebagai kelas pemilik (Besitzklassen) dan kelas-kelas niaga (Erwerbsklassen). Komposisi kelas sosial dari kapitalisme terdiri dari : 1)Kelas pekerja tangan. 2) Kaum borjuis kecil. 3) pegawai kantoran yang tidak mempunyai kekayaan, para ahli teknik dan kaum cendikiawan. 4) kelompok – kelompok entrepreneur dan kaum pemilik tanah. Weber juga memandang kemungkinan konflik antar kelas dan perjuangan kelas sosial, terutama mereka yang berada pada kelas yang kurang beruntung atau berkeuntungan negatif.

Kapitalisme dan kemiskinan
Kapitalisme ala Weber beranggapan bahwa distribusi kesempatan-kesempatan hidup yang tidak sama merupakan hal yang wajar dan dilihat sebagai fakta yang tidak bisa dihindari. Dan kelas yang kurang beruntung atau yang berkeuntungan negatif adalah mereka yang masih pekerja tradisional, yang tidak memiliki barang atau keterampilan untuk ditawarkan. Pekerja tradisional / buruh tidak berfikir dalam konteks untuk berusaha meningkatkan upah hariannya setinggi mungkin. Dia lebih memikirkan berapa banyak pekerjaan yang harus ia lakukan agar bisa memperoleh penghasilan untuk mencukupi kebutuhannya saja.

Pekerja tradisional atau kelas yang memperoleh keuntungan negatif tidak mampu bersaing di pasar, sehingga mereka menerima keadaan mereka sebagai sebuah hal yang absah atau pantas mereka terima. Weber beranggapan bahwa mereka tidak memperjuangkan kelas mereka dan tidak berusaha untuk meningkatkan status mereka

KESIMPULAN
Perbedaan Sosialisme Karl Mark dan Kapitalisme Max Weber dalam memandang kapitalisme dan kemiskinan merupakan dua sisi yang sangat bertentangan. Mark dengan faham Materialisme dan Weber dengan faham Idealisme memiliki pandangan yang berbeda tentang “kaum buruh” atau kelas pekerja yang tidak beruntung.

Mark memandang Kapitalisme sebagai penyebab kemiskinan, dominasi alat-alat produksi oleh kaum borjuis menyebabkan kaum buruh mendapatkan upah yang rendah sesuai dengan nilai pakai/nilai kerja yang tidak sesuai dengan nilai tukar di pasar, sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan mereka. Ketidak berdayaan kaum buruh untuk menguasai alat-alat produksi karena mereka terasing/teralineasi baik dari hasil produksi mereka maupun lingkungan sosial mereka.

Revolusi dan perubahan ke sistem sosialisme merupakan ide Mark dengan menghapuskan kepemilikan individu dan menjadikan kepemilikan komunal untuk semua masyarakat sering disebut sebagai sosialis utopia. Namun Mark yakin bahwa sistem sosialis akan menciptakan suatu struktur masyarakat yang adil dan tidak ada penindasan.

Berbeda dengan Mark, Weber sebagai penganut perspektif idealis lebih menekankan pada faktor non material. Faktor non material ini antara lain ide, nilai dan ideologi. Ide merujuk pada pengetahuan dan kepercayaan, nilai merupakan anggapan terhadap sesuatu yang pantas atau tidak pantas, sedangkan ideologi berarti serangkaian kepercayaan dan nilai yang digunakan untuk membenarkan atau melegitimasi bentuk tindakan masyarakat.

Weber memiliki pendapat yang berbeda dengan Marx. Perkembangan industrial kapitalis tidak dapat dipahami hanya dengan membahas faktor penyebab yang bersifat material dan teknik. Namun demikian Weber juga tidak menyangkal pengaruh kedua faktor tersebut. Pemikiran Weber yang dapat berpengaruh pada teori perubahan sosial adalah dari bentuk rasionalisme yang dimiliki. Dalam kehidupan masyarakat barat model rasionalisme akan mewarnai semua aspek kehidupan.

Weber melihat bahwa pada wilayah Eropa yang mempunyai perkembangan industrial kapital pesat adalah wilayah yang mempunyai penganut protestan. Bagi Weber, ini bukan suatu kebetulan semata. Nilai-nilai protestan menghasilkan etik budaya yang menunjang perkembangan industrial kapitalis. Protestan Calvinis merupakan dasar pemikiran etika protestan yang menganjurkan manusia untuk bekerja keras, hidup hemat dan menabung. Pada kondisi material yang hampir sama, industrial kapital ternyata tidak berkembang di wilayah dengan mayoritas Katholik, yang tentu saja tidak mempunyai etika protestan.

Reformasi Etos kerja, kedisiplinan dan efiesiensi merupakan hal yang harus dilakukan untuk bisa memenangkan persaingan pada sistem pasar kapitalis. Weber beranggapan bahwa budaya-budaya kuno harus ditinggalkan, kepatuhan-kepatuhan yang tidak rasional merupakan penghambat untuk memperoleh keberhasilan.

Sekulerisme dan persaingan bebas sistem kapitalisme, birokrasi yang efisien yang dikemukakan oleh Weber. Kegagalan dalam persaingan merupakan hal yang wajar karena sangat mungkin muncul perbedaan kesempatan dalam perolehan kesempatan untuk pemenuhan kebutuhan. Budaya malas dan keahlian yang rendah sehingga tidak bisa bersaing merupakan penyebab kemiskinan yang berasal dari diri orang miskin itu sendiri.

DAFTAR PUSTAKA
Anthony Gidden, (1986), Kapitalisme dan Teori Sosial Modern, Suatu Analisis
terhadap Karya Tulis Mark, Durkheim dan Max Weber, Jakarta : Penerbit
Universitas Indonesia (UI- Press).

Deliar Noer, (1999) Pemikiran Politik di Negeri Barat (Edisi Refisi), Bandung : Mizan
Pustaka.

Goerge Ritzer, Douglas J. Goodman, (2007) Teori Sosiologi Modern Edisi ke-6,
Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Judistira K. Garna, (1996), Ilmu-ilmu Sosial, Dasar-Konsep-Posisi, Bandung :
Program Pasca Sarjana UNPAD.

Peter Beilharz, (2005), Teori-Teori Sosiologi Observasi Kritis terhadap Para Filosof
Terkemuka, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Soerjono Soekanto, (1990) Sosiologi Suatu Pengantar Edisi 4, Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada.

Tom Campbell, (1994), Tujuh Tokoh Sosiologi Sketsa, Penilaian, Perbandingan,
Yogyakarta : Penerbit Kanisius.



















kuyen kuyasakti

Rakyat jelata yang haya ingin berbagi informasi.

No comments:

Post a Comment