Pages

Sugesti dan Autosugesti

Sugesti 


Sugesti adalah suatu pernyataan atau kumpulan pernyataan yang menjalaskan kepada pikiran bawah sadar bahwa itu adalah suatu kebebenaran yang harus di jalankan, walaupun hal tersebut belum terjadi dalam pikiran sadar. Pernyataan tersebut akan lebih efektif apabila datangnya dari luar siri anda. Dengan menggunakan pernyataan dari luar diri anda,  maka energi yang diperlukan untuk memproses pernyatan tersebut sangat sedikit, sehingga ada dapat memasuki gelombang theta dengan cepat dan santai. Gelombang theta adalah tingkat dimana sugesti tinggi.



Autosugesti



Keinginan-keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah  sadar.  Sebab pikiran yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar menjadi daya dorong yang akan menggerakan diri kita untu berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang kuat akab terekan dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan auto sugestion.

Autosugestion seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi salam diri, dilakukn dengan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran  bwah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Kekuatan yang ditimbulkn pikiran bawah sadar itu sangat dahsyat entah digunakan untuk melakukan perbuatan baik atau buruk. Kadang kala keinginan untuk melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar.Autosuggestion akan mengetuk kesadaran (heartknock). Karena dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menghembus pikiran bawah sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa semangat. Energi itu dapat di manfaatkan untuk mewujudkan impian kita.
Mungkin kegiatan autosuggeston akan di anggap aneh oleh orang lain. Tetapi itulah salah satu cara untuk mengubah diri dari dalam. Biasakan  mendengar pola fikir positif dan melakukn kebiasaan-kebisaan yang konstruktif. Jadi jangan ragu untuk melakukan budaya-budaya yang potensial, menumbuhkan optimisme dan kreatifitas. 
"Kunci sukses agar sugesti ataupun autosugesti nekerja dengan baik maka, katakanlah, dengarkan, dan percaya, berpendirian dan penuh harapan. Dalam pengulangan sugesti  akan lebih efektif  apabila kata-kata tersebut mempunyai arti tersendiri bagi anda".


Beberapa langkah agar sugesti lebih efektif

Relaksasi
Gunakan kalimat positif. Sugesti hendaknya menggambrkan apa yang anda inginkan, bukan apa yang tidak anda inginkan. Gunkan "Aku percaya diri dan tegas" jangan gunakan "Aku bukan pemalu". Pikiran bawah sdar tidak memproses pernyataan negatif , Hindarkan menggunakan kata "Tidak"  dalam sugesti anda.

Percaya dengan apa yang anda dengar dan lihat (Visualisasi)
Beberap fakta membuktikan dengan mempercayai apa yang di sugestikan mempercepat proses realisasi sugesti tersebut, apabila anda mempunyai kesulitan dalam mempercayai tersebut, berpura-puralah anda percaya, yakinkan diri anda. Ulang secara terus menerus sampai membarikan sensasi bagi diri anda, sampi anda mempercayaiya.

Buat sesedarhana mungkin
Jangan gunakan kata yang bertele-tele. Sugesti akan lebih efektif apabila anda menggunakan kata-kata yang pendek dan mudah di ucapkan. Buat sugesti tersebut tidak melebihi 2 atau 3 kalimat.

Gunakan penunjuk waktu sekarang
Jangan gunakan kata "akan", apabila hal ini anda lakukan maka keinginan anda dalam sugesti tersebut akan terus berada di masa depan. Ulanglah sugesti anda sesering mungkin. Berhati-hatilah, jngan sampai dalam pengulangn sugesti menimbulkan makna yang berbeda dari harapan anda. 
Berirama, Usahakan pengulangan sugesti selaras dengan keluar masuknya udara dalam paru-paru anda. Jika anda menggunakan pola gelombang self-hypnosis selaraskan sugesti dengan beat suara yang di dengar.

Bersifat pribadi
Sugesti yang anda buat adalah kebenaran bagi anda, hal ini akan lebih epektif.



"Selamat mengelola sugesti Anda"


kuyen kuyasakti

Rakyat jelata yang haya ingin berbagi informasi.

1 comment: